Academy Awards 82nd (Oscar) : The Winner



Well, akhirnya perhelatan Oscar atau Academy Awards yang ke 82 telah selesai digelar pada hari minggu 7 Maret 2010 di Kodak Theatre. banyak yang tertawa dan menangis di acara yang selalu dihadiri oleh ratusan artis-artis top papan atas amerika dan orang-orang dibalik layar ini, banyak pula prediksi-prediksi yang benar dan keliru terhadap siapa saja yang layak untuk membawa pulang patung emas tersebut. kali ini perampok piala Oscar terbanyak datang dari sebuah film kecil berjudul Hurt Locker yang menceritakan tentang penjinak bom di Iraq, Avatar menjadi pemborong kedua dengan total 3 piala yang diraihnya. finally, siapa saja kah pemenangnya? berikut dibawah ini adalah daftar pemenang piala Oscar tahun 2010 yang saya tampilkan berdasarkan filmnya. mohon maaf bila ada beberapa judul yang belum ada posternya dan keterangan lengkap dari film yang bersangkutan, hal itu dikarenakan materi yang terbatas dan beberapa judul lainnya belum juga saya tonton hingga detik ini.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


The Hurt Locker

Cast : Jeremy Renner, Anthony Mackie, Brian Geraghty, Guy Pearce, Ralph Fiennes, David Morse, Evangeline Lilly, Cristian Camargo.
Director : Kathryn Bigelow
Screenplay : Mark Boal
Run Time : 131 Menit
US Release : 5 Juni 2009 (Indonesia)
Distributors : Voltage Pictures

Academy Awards Winners For :
1. Best Picture, Kathryn Bigelow, Mark Boal, Nicolas Chartier and Greg Shapiro
2. Best Directing, Kathryn Bigelow
3. Best Film Editing, Bob Murawski and Chris Innis
4. Best Sound Editing, Paul N.J. Ottosson
5. Best Sound Mixing, Paul N.J. Ottosson and Ray Beckett
6. Best Writing (Original Screenplay), Mark Boal

Our Comment : Bagi saya kemenangan Hurt Locker memang bisa saja diraih meski sembilan lawannya juga tangguh-tangguh, namun untuk sampai memborong enam piala sekaligus ini baru lain urusan. btw Kathryn Bigelow lewat film ini dikukuhkan sebagai wanita pertama untuk kategori sutradara terbaik yang kali ini pun sukses menendang bokong sang mantan suaminya yang juga dinominasikan sebagai sutradara terbaik yaitu James Cameron beserta filmnya yang berjudul Avatar. bicara tentang Avatar dan Hurt Locker, kedua film ini sama-sama dinominasikan sebanyak sembilan kategori meski akhirnya Hurt Locker-lah si pemborong piala tersebut. padahal keduanya seakan-akan berbeda dunia, Hurt Locker adalah film kecil dengan budget kecil pula serta minim speciall effect, sedangkan Avatar adalah film besar dengan biaya raksasa serta full speciall effect selama bertahun-tahun. perdebatan tentang menang telaknya film ini juga seru di kosn saya, disana ada Nuris, Dany, dan Rachman, karena sebagian mereka tetap menjagokan Inglourious Basterd-nya QT dan Avatar-nya Om James, hingga tak urung untuk kembali nonton film Hurt Locker ini sampai 3 kali berturut-turut. bahkan beberapa celotehan terungkap bahwa Distric 9 juga sangat pantas untuk membawa pulang piala tersebut, tentu hal itu hanya guyonan belaka karena bagaimanapun oscar sudah lewat dan Kathryn Bigelow mulai diperhitungkan oleh bos-bos Hollywood untuk diajak membuat film kedepannya.


Avatar

Cast : Sam Worthington, Zoe Saldana, Sigourney Weaver, Stephen Lang, Joel Moore, Giovanni Ribisi, Michelle Rodriguez, Laz Alonso, Wes Studi, CCH Pounder, Dileep Rao.
Director : James Cameron
Screenplay : James Cameron
US Release : 17 Desember 2009
Run Time : 162 Menit
Distributors : Twentieth Century-Fox Film Corporation

Academy Awards Winner For :
1. Best Art Directing, Rick Carter and Robert Stromberg (Art Direction); Kim Sinclair (Set Decoration)
2. Best Cinematography, Mauro Fiore
3. Best Special Effect, Joe Letteri, Stephen Rosenbaum, Richard Baneham and Andrew R. Jones

Our Comment : Lain Hurt Locker lain pula dengan Avatar, film berbiaya selangit ini memang sejatinya lebih wah di bagian special effect yang menurut kabar sudah dikembangkan dan dikerjakan sejak tahun 1996 serta menggelontorkan duit studio hingga 500 juta dollar!. sektor cerita bagus dan boleh dibilang menyentuh, namun banyak kalangan pengamat film berujar bahwa cerita yang dibangun masih terkesan 90-an karena pengamat mengatakan cerita film jaman sekarang sudah berubah dan banyak berkembang. well, sangat wajarlah bila kategory Best Art Directing, Cinematography, dan terutama Special Effect dengan mudah diraihnya. runut menghitung box office-nya yang sudah tembus 720 juta dollar hanya untuk amerika saja, film ini juga menjadi box office di kosn saya hingga berhari-hari. btw sepertinya mimpi Om James untuk kembali menerkam Oscar seperti yang pernah dia lakukan pada Titanic akhirnya pupus sudah, dan sialnya kali ini yang mengalahkan James dan makhluk Na'vi-nya adalah mantan istrinya sendiri :D


Crazy Heart

Cast : Jeff Bridges, James Keane, Anna Felix, Paul Herman, Tom Bower, Ryan Bingham, Beth Grant, Rick Dial, Maggie Gyllenhaal, Debrianna Mansini, Jerry Handy, Jack Nation.
Director : Scott Cooper.
Screenplay : Scott Cooper (Screenplay), Thomas Cobb (Novel)
US Release : 25 February 2010 (New Zeeland)
Run Time : 112 Menit
Distributors : Butcher's Run Film.

Academy Awards Winner For :
1. Best Actor In Leading Role, Jeff Bridges
2. Best Music (Original Song), "The Weary Kind (Theme From Crazy Heart)" Music and Lyric by Ryan Bingham and T Bone Burnett

Our Comment : btw, sebenernya susah untuk menilai Film ini. bukan apa-apa man, tapi hingga sekarang belum juga saya liat film yang sukses memberondong dua kategory ini. namun boleh dibilang untuk urusan akting bagi saya Jeff Bridges memang bagus ketimbang kontender lain yang meski juga menantang namun secara pribadi saya bilang "mbok yo jangan yang itu-itu terus lah, bosen kali", dan inilah tahunnya Bridges untuk pulang dan tersenyum karena usahanya berbuah hasil manis di usianya yang sudah senja. untuk kategory soundtrack yang dalam hal ini adalah original song, saya minta maaf karena memang tidak begitu menyukai genre country namun saya memaklumi pilihan Oscar meski dalam hati saya berharap leona Lewis dari Avatar yang menang. btw, Crazy Heart bagaikan kuda hitam ditengah lingkungannya yang gersang dan sepi dengan semilir angin yang panas film ini ternyata mampu bertandang dan menantang film besar lainnya seperti Avatar untuk beradu musik dikancah Oscar.


Up

Cast : Edward Asner, Christopher Plummer, Jordan Nagai, Bob Peterson, Delroy Lindo, Jerome Ranft, John Ratzenberger, David Kaye, Elie Docter, Jeremy Leary, Mickie McGowan.
Director : Pete Docter
Screenplay : Pete Docter dan Bob Peterson
US Release : 29 July (Indonesia)
Run Time : 96 Menit
Distributors : Walt Disney Pictures

Academy Awards Winner For :
1. Best Animated Feature, Pete Docter
2. Best Music (Original Score), Michael Giacchino

Our Comment : Penjelasan untuk kategory Animated Feature tidak usah saya jelaskan lebih banyak karena film Up memang paling layak untuk menyabet gelar tersebut, dan untuk kesekian kalinya Pixar tetap merupakan studio yang paling banyak membawa pulang piala untuk kategory Animated Feature, studio lain akan sangat susah mengejar reputasi ini. btw, untuk kategory score saya sebenarnya kurang begitu setuju karena bagi saya lagi-lagi  OST Avatar yang dibawakan oleh James Horner bagi saya masih lebih baik. ngomong2 soal Pixar film, bila tahun lalu WALL-E meraih kategory original song, maka kali ini jatuh kepada original score-nya. untuk ukuran Michale Giacchino, score untuk film Star Trek malah lebih baik karena lebih rumit, lebih megah, dan menggelegar meski tetap sangar di saat harus minimalis. well karena Up adalah keputusan oscar, ya okelah kalo begitu.


Precious: Based on the Novel 'Push' by Sapphire

Cast : Gaborey Sidibe, Mo'Nique, Paul Patton, Mariah Carey, Sherri Shepherd, Lenny Kravitz, Stephanie Andujar, Chyna Layne, Amina Robinson, Xosha Roquemore.
Director : Lee Daniels
Screenplay : Geoffrey Fletcher (Screenplay), Shappire (Novel)
US Release : 20 November 2009 (USA)
Run Time : 109 Menit
Distributors : Lee daniels Entertainment

Academy Awards Winner For :
1. Best Actress In A Supporting Role, Mo'Nique
2. Best Writing (Adapted Screenplay), Geoffrey Fletcher


Our Comment : well.. well.. well.. saya belum nonton film ini, dan saya kurang begitu tahu menahu tentang film ini kecuali Mariah Carey tentunya yang itu pun bukan dalam koridor film namun sebatas penyanyi musik. so, saya hanya ingin memberikan selamat kepada Mo'Nique yang sudah memenangkan piala oscar sebagai actress pembantu terbaik dan Geoffrey Fletcher untuk urusan naskhanya. namun Mo'Nique sempet mengingatkanku kepada Mama Jenny dalam film My Name Is Khan tempo hari, btw soal kenapa dan bagaimana tentang kualitas akting dan naskahnya, saya cuma bisa bilang "meneketehek??" :D


Inglourious Basterd

Cast : Brad Pitt, Melanie Laurent, Christopher Waltz, Eli Roth, Michael Fassbender, Diane Kruger, Daniel Bruhl, Til Schweiger, Gedeon Burkhard, Jacky Ido, B.J. Novak, Omar Doom, August Dihl.
Director : Quentin Tarantino
Screenplay : Quentin Tarantino
US Release : 16 Oktober 2009 (Indonesia)
Run Time : 152 Menit
Distributors : Universal Pictures

Academy Awards Winner For :
Best Actor In A Supporting, Role Christopher Waltz


Our Comment : sangat disyangkan film ini gagal menyabet gelar Film, Naskah, dan Sutradara terbaik dalam ajang oscra kali ini, padahal filmnya begitu kuat diberbagai segi. saya pribadi pun untuk sutradara sangat menginginkan QT yang membawa pulang piala tersebut, namun apa boleh buat meski QT sudah berhasil memadukan cerita dan akting serta hal teknis sebegitu rapinya Katrhyn Bigelow-lah juaranya. bagi sebagian orang memang mengakui bahwa kali ini QT lebih melunak dengan tidak begitu melepas kejeniusan otaknya yang diatas rata-rata dalam filmnya ini, dan hal tersebut memang sangat disyangkan karena aspek pendukung lainnya bener-bener bryllian. pada akhirnya Christopher Waltz adalah orang yang harus berterima kaish kepada QT karena telah sukses memabawa pulang sebuah piala dari film Inglourious Basterd yang sialnya hanya itulah satu-satunya piala dari film ini, btw apapun itu film ini adalah salah satu film terbaik yang pernah saya tonton.


The Blind Side

Cast : Sandra Bullock, Tim McGraw, Quinton Aaron, Jae Head, Lily Collins, Ray McKinnon, Kim Dickens, Adriane Lenox, Kathy Bates, Catherine Dyer, Andy Stahl.
Director : John Lee Hancock
Screenplay : John Lee hancock (Screenpaly) dan Micahel Lewis (Book)
US Release : 20 November 2009 (USA)
Run Time : 128 Menit
Distributors : Alcon Entertainment

Academy Awards Winner For :
1.  Best Acttress In A Leading Role, Sandra Bullock

Our Comment : actress yang menerima piala oscar kali ini adalah actress yang bagi saya sangat aneh, karena sebelumnya dia pernah mendapat piala Razzie Award alias yang terburuk. namun kali ini langsung banting setir menjadi yang terabaik? bahkan Meryll Streep pun berhasil dia jungkalkan di panggung Oscar,  btw saya belum nonton film The Blind Side jadi saya kurang begitu paham bagaimana aktingnya di film ini. lagian tema olah raga adalah tema film yang kurang saya minati kecuali sepak bola (Damned United contohnya), dan Sandra Bullock kurang begitu saya respect. hehehe masalah selera nih :) namun bagaimanapun usahanya membersihkan nama baik patut diacungi jempol dengan perubahan 180 derajat yang dia lakukan, good job!


The Young Victoria

Cast : Emily Blunt, Rupert Friend, Paul Bettany, Miranda Richardson, Jim Broadbent, Thomas Kretschmann, Mark Strong, Jesper Christensen, Harriet Walter, Jeanette hain.
Director : Jean-Marc Vallee
Screenplay : Julian Fellowes
US Release : 6 Maret 2009 (UK)
Run Time : 105 Menit
Distributors : GK Film

Academy Awards Winner For :
1. Best Costume Design, Sandy Powell
Our Comment : Well, karena film ini hanya memenangkan satu kategory yang itu pun hanya untuk busana terbaik plus saya juga belum nonton filmnya, jadi selain saya masih menjagokan Nine saya juga nggak begitu suka dengan seragam kerajaan Inggris jaman kuno. so, that it. btw saya cuma ingin mengucapkan selamat buat Sandy Powell, mungkin untuk ukuran busana u so hard.


Star Trek

Cast : Chris Pine, Zachary Quinto, Leonard Nimoy, Eric Bana, Bruce Greenwood, Karl Urban, Zoe Saldana, Simon Pegg, John Cho, Anton Yelchin, Ben Cross, Wynona Rider, Chris Hemsworth.
Director : J.J. Abrams
Screenplay : Roberto Orci, Alex Kurtzman
US Release : 9 June (Indonesia)
Run Time : 127 Menit
Distributors : Paramount Pictures

Academy Awards Winner For :
1. Best Make Up, Barney Burman, Mindy Hall and Joel Harlow

Our Comment : seperti halnya pun The Young Victoria, tidak banyak yang saya utarakan mengenai oscar yang dibawa pulang oleh film fiksi ilmiah terbaik yang pernah saya liat decade ini. filmnya terlalu keren bila hanya memandang make up-nya saja yang dimenangkan, memang sih masih kalah dengan Avatar untuk urusan special effectnya. namun hal itu tidak menyurutkan saya untuk tetap mengagumi film ini untuk seluruh aspeknya ya termasuk make up-nya juga, palagi score gubahan Michael Giacchino untuk film ini terlalu megah yang menandakan petualangan ini memang layak dikenang dan diperjuangkan. salam trekkie
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Best Documentary Feature
The Cove, Louie Psihoyos and Fisher Stevens

Best Documentary Short
Music by Prudence, Roger Ross Williams and Elinor Burkett

Best Foreign Language Film
The Secret In Their Eyes (El Secreto De Sus Ojos), Directed by Juan José Campanella

Best Short Film (Animated)
Logorama, Nicolas Schmerkin

Best Short Film (Live Action)
The New Tenant, Joachim Back and Tivi Magnusson

0 comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails
top