IP MAN - sebuah film laga yang menampilkan beladiri seutuh nya



Ip Man mulai mempelajari Wing Chun atau salah satu cabang ilmu bela diri kung fu sejak ia berusia tiga belas tahun. Kecintaannya pada ilmu bela diri ini membuatnya rela berkorban banyak demi mengembangkan ilmu bela diri ini. Setelah lama mempelajari Wing Chun, Ip Man memutuskan untuk membuka perguruan sendiri.

Film laga selalu menarik namun lebih menyentuh saat sebuah biopic seorang ahli seni beladiri diproduksi. Sebut saja Fearless (2006) dengan bintang Jet Li yang mengisahkan maha guru Huo Yuanjia (1869-1910) pendiri Jin Wu Sports Federation.

Atau jika Anda masih ingat, biopic Bruce Lee bertajuk Dragon: The Bruce Lee Story yang diangkat sutradara Rob Cohen dari buku karya Robert Clouse dan Linda Lee Cadwell.

Film ini tak hanya mencetak boxoffice tapi juga diganjar MTV Movie Award 1994 bagi Jason Scott Lee yang sukses menyelami sosok Bruce yang arogan namun fokus pada dedikasi seni beladiri dan film.

Banyak orang yang sempat berguru pada master Wing Chun yang satu ini dan beberapa di antara muridnya kemudian menjadi terkenal meski nama Ip Man sendiri jarang dikenal orang. Salah satu murid Ip Man yang banyak dikenal adalah Bruce Lee yang sempat berguru pada Ip Man selama lima tahun.

Film IP MAN ini diadaptasi dari kisah nyata kehidupan sang master Wing Chun ini. Sang sutradara, Wilson Yip, memutuskan untuk lebih memfokuskan film ini pada penjajahan Jepang di China sekitar tahun 30-an dan menyoroti bagaimana Ip Man yang sangat mencintai negerinya menolak mengajarkan Wing Chun pada tentara Jepang saat itu.

Meski disebut sebagai sebuah film yang dibuat berdasarkan kisah nyata, namun ada beberapa 'pembelokan' yang dibuat mungkin dengan pertimbangan membuat alur kisah film ini agar lebih menarik. Misalnya saja, dalam film ini, dikisahkan Ip Man meninggalkan daratan China menuju Hong Kong karena menolak bekerja sama dengan tentara Jepang yang saat itu menduduki wilayah China. Menurut sejarah, Ip Man meninggalkan China pada tahun 1949 karena menghindari pemerintahan komunis.

Dan hasil 'modifikasi' ini cukup efektif meski sebenarnya alur kisahnya masih tak jauh dari kebanyakan alur film Hong Kong. Seperti juga dalam kebanyakan film silat Hong Kong, biasanya tokoh protagonis selalu digambarkan sempurna atau setidaknya mendekati sempurna sehingga kadang sedikit kehilangan wujud kemanusiaannya.

Di sisi lain, film ini juga memiliki nilai lebih karena menggambarkan seni bela diri Wing Chun dengan sangat realistis. Beberapa prinsip dasar bela diri ini tetap dipegang kuat pada setiap koreografi tarung sehingga film ini terlihat realistis namun di saat yang sama juga terlihat 'beda' dari kebanyakan film Kung Fu Hong Kong. Dan di sini film ini jadi pionir lantaran berani menyajikan pertarungan jarak dekat yang biasanya dihindari film silat karena dianggap kurang menarik ditampilkan pada layar lebar.

untuk versi download film IP man berikut ini saya sajikan link download nya :

  • http://hotfile.com/dl/41567461/c9d4703/backup.IPMan2.part1.rar.html
  • http://hotfile.com/dl/41567556/42697a1/backup.IPMan2.part2.rar.html
  • http://hotfile.com/dl/41567664/f19618f/backup.IPMan2.part3.rar.html
  • http://hotfile.com/dl/41567689/fcfa4ac/backup.IPMan2.part4.rar.html

Untuk Subtitle Indonesianya di :

  • http://imzupload.com/s65kyi9fsbka/IpMan2.DVDrip.Xvid.indo.rar.html

0 comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails
top